INIHANTU - FAKTA MENARIK AIR TERJUN MADAKARIPURA

FAKTA MENARIK AIR TERJUN MADAKARIPURA


INIHANTU - FAKTA MENARIK AIR TERJUN MADAKARIPURA

INIHANTU | FAKTA MENARIK AIR TERJUN MADAKARIPURA Keindahan dari Air Terjun Madakaripura telah menjadi magnet bagi para traveller, enggak percaya? Lihat saja informasinya di bawah ini serta temukan sendiri jawabannya!

Sebuah spot dimana Kalian bisa menikmati keindahan semburan air dari ketinggian, ini yang bisa Kalian dapatkan di Air Terjun Madakaripura. Pemandangan alam yang cantik beserta dengan suasananya yang sangat asri dan alami tentunya menjadi tambahan apabila Kalian bisa menyempatkan diri untuk mengunjungi air terjun ini. Air terjun yang terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini merupakan destinanai wisata alam yang wajib untuk Kalian kunjungi. Nah, untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai kawasan ini, lihat saja beberapa fakta menariknya di bawah ini bro.

Hal pertama yang terpancar ialah dengan pemandangan ariterjun yang mengalir di antara dua dinding tebing bebatuan. Tebing-tebing ini seolah berusaha mencegah sinar matahari menembus ke bawah. Berbentuk ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang menetaskan air pada pada seluruh bidang tebing sperti layaknya hujan. Keindahan objek wisata ini memang akan membuat Kalian terpukau bro, alam yang sejuk serta ketenangan yang bisa Kalian dapatkan, merupakan keunggulaan dari Air Terjun Madakaripura.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai air terjun ini sendiri, ada baiknya untuk menetahui sebenarnya apa itu Air Terjun Madakaripura. Karena memang spot wisata alam satu ini akan sangat disayangkan sekali apabila terlewati.


Terletak di Dusun Branggah Desa Negororejo yang berada di Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Air Terjun Madakaripura terkenal sebagai air terjun tertinggia yang berada di Pulau Jawa dan banyak dari pelancong yang datang ke kawasan ini untuk menikmati keindahannya.

Dengan ketinggian sekitar 200 meter, tentunya Kalian akan mendapatkan sebuah derusan air yang cukup deras namun sangatlah indah. Bahkan air terjun ini dinobatkan sebagai air terjung tertinggi kedua di Indonesia setelah air terjun Sigura-Gura yang terletak di daerah Sumatera Utara.

Banyak hal yang dapat Kalian eksplorasi di kawasan air terjun ini, seperti gua yang terletak di bawah ari terjun utama. Ketika Kalian ingin menemukan gua ini, Kalian harus melewati kolam air yang memiliki luas sekitar kurang lebih 25 meter persegi. Sedangkan kedalaman dari kola mini sendiri sekitar 7 meter dan kolam mini arus air yang sangat deras. Air terjun ini memiliki arsitektur yang unik, Kalian akan sangat terkesima dengan keindahan yang ada pada air terjun ini.


Buat Kalian yang berdomisili di Jawa Timur mungkin tidak asing lagi dengan kata Madakaripura, dan langsung tertuju kepada sosok pahlawan besar yang mampu menyatukan Nusantara di bawah satu bendera gula kepala Majapahit yakni Maha Patih Gajah Mada. Air Terjun Madakaripura juga memiliki kaitan yang cukup kuat dengan sejarah panjang kerajaan Majapahit.

Menurut penduduk setempat nama Madakaripura, memiliki arti “tempat terakhir”. Nama ini diambil dari cerita yang telah beredar di zamannya. Konon Patih Gajah Mada menghabiskan akhir hayatnya dengan bersemedi di lokasi air terjun ini. Lokasi persemedian Patih Gajah Mada di gua yang berada di air terjun utama. Cerita ini diperkuat dengan adanya arca Gajah Mada yang berada di tempat parkir kawasan Air Terjun Madakaripura ini.


Dengan sejarah yang cukup besar itu, maka tak heran apabila Air Terjun Madakaripura memiliki mitos yang cukup kuat. Aura mistis pun tak bisa Kalian pungkiri apabila masuk ke dalam kawasan tempat wisata ini. Namun, tak perlu taku bro, karena dengan niat yang baik tentunya akan mendatangkan hal yang baik pula.

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, disarankan untuk para pengunjung untuk meninggalkan tempat ini sebelum pukul 14.00. Karena dipercaya akan terjadi hujan yang dapat mempengaruhi volume air secara tiba-tiba disekitar aliran air terjun. Hal ini pun cukup berbahaya dan memungkinkan Kalian sulit untuk meninggalkan tempat ini. Tempat wisata yang memilki daya tarik tersendiri ini tentunya membuat sebuah magnet yang cukup kuat untuk para pelancong baik dari dalam maupun luar negeri. Karena di dalam kawasan tempat wisata ini terdapat lima air terjun yang indah. Ketika menginjakkan kaki Kalian di kawasan Madakaripura sendiri, Kalian akan mudah untuk melihat tiga air terjun di kawasan ini. Namun untuk kedua air terjun lainnya Kalian harus mencarinya terlebih dahulu karena tersembunyi di balik air lainnya.

Sementara di tengah tebing, di balik air terjun yang paling besar, terdapat rongga menganga yang melintang secara horizontal. Penduduk setempat percaya, di lubang inilah Sang Patih Gajah Mada duduk diam, untuk bersemedi dalam keheningan.



INIHANTU - FAKTA MENARIK AIR TERJUN MADAKARIPURA

Bilamana ingin merencanakan untuk berlibur ke Jawa Timur, tentunya air terjun ini merupakan destinasi yang sangat wajib untuk dikunjungi. Untuk menuju ke kawasan ini pun sangat mudah, karena bisa ditempuh dari Malang atau Probolinggi. Kalian bisa menggunakan bus ke arah Tomang dan angkot Kalian langsung dapat tiba di lokasi. Di sepanjang perjalanan dari Tomang ke Madakaripura Kalian akan terkesima dengan pemandangan nan indah dan mempesona. Ketika sudah tiba di lokasi, Kalian harus berjalan kurang lebih 1 km melewati jalan setapak. Untuk menuju lokasi air terjun sebaiknya Kalian menggunakan jasa pemandu, dikarenkan jalan menuju air terjun memiliki medan yang cukup berat. Di tambah lagi di lokasi ini sering terjadi banjir dan longsor. Untuk biaya ongkos pemandu sekitar Rp 50.000,- sekali jalan.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Air Terjun Madakaripura? Semoga menjadi panduan Kalianagar dapat menikmati indahnya air terjun ini yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian dari setiap tempat wisata yang sudah Kalian kunjungi yaa bro. Semangat selalu!

Sumber : SUPER ADVENTURE

Untuk Informasi Lebih Lanjut Hubungi:
TELEGRAM : +855 858 498 13
WHATSAPPS : +855 858 498 13


Komentar

Postingan populer dari blog ini

INIHANTU - MISTERI ARCA RAKSASA RETJO PENTUNG

INIHANTU - MISTERI MAKAM KEMANGI DESA JUNGSEMI KENDAL

INIHANTU - KISAH MISTERI LELE ALBINO YANG DIANGGAP MISTIS MASYARAKAT INDONESIA